9 Cara Membuat Press Release yang Baik Untuk Perusahaan

cara membuat press release yang benar.jpeg cara membuat press release yang benar.jpeg

Diminta untuk membuat press release tapi tidak tahu cara membuat press release yang mudah? Jika anda memang bekerja dalam bidang public relation mungkin sudah cukup sering membuat contoh press release perusahaan dan sebagainya, sehingga bukan hal sulit lagi untuk membuat press release.

Tapi bagi anda yang baru, mungkin akan sedikit kesulitan dalam membuat press release. Apakah membuat contoh press release perusahaan itu sulit? Jelas tidak ada yang sulit, jika anda mau berusaha. Nah, bisa simak ulasan berikut ini agar tahu cara pembuatan press release yang baik.

Mengenal Press Release

Sebelum mengetahui caranya, tentunya masih ada di antara anda yang bertanya-tanya apa itu press release. Nah, sebenarnya apa itu press release? Jadi press release adalah pertanyaan resmi yang dikeluarkan perusahaan kepada media dan publik.

Tapi bukan hanya perusahaan saja yang bisa mengeluarkan press release, pemerintah, lembaga, atau instansi pun bisa melakukan press release. Umumnya pada perusahaan, press release dikeluarkan oleh perusahaan ketikan ada acara yang berkaitan dengan perusahaan, seperti pernyataan adanya produk baru dan sebagainya.

Press release akan ditulis perusahaan sesuai dengan hal yang ingin disampaikan oleh perusahaan, selanjutnya tulisan press release akan dikirim ke sejumlah media agar publik bisa mengetahui tujuan adanya press release dari perusahaan tersebut.

Tujuan press release pun bergantung dengan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan. Misal perusahaan merilis press release karena ada produk baru, maka tujuan press release adalah untuk mengenalkan produk baru tersebut kepada media dan publik. Lantas bagaimana cara membuat press release yang baik?

Cara Membuat Press Release yang Baik

Untuk anda yang kebingungan dalam cara membuat press release maka anda bisa untuk ikuti tips mudah berikut ini. Langsung saja silakan disimak tipsnya.

1. Pilih Topik yang Relevan

Sebelum menulis press release anda perlu menentukan topik yang relevan serta layak dijadikan berita. Memang perlu sekali untuk memastikan topik yang akan disampaikan dalam press release adalah topik yang layak untuk diberitakan dan sesuai dengan industri perusahaan.

Ada cara untuk memastikan hal tersebut yaitu dengan menemukan jawaban atas pertanyaan seperti kenapa konsumen harus peduli dengan produk tersebut?, dan apakah topik akan sesuai dengan target konsumen.

Mengenai topik yang dapat diangkat, anda bisa mengangkat beberapa topik seperti topik peluncuran produk baru, penerimaan penghargaan untuk perusahaan, event perusahaan dan sebagainya.

2. Beri Judul yang Menarik

Selanjutnya jika sudah menemui topik yang relevan, maka langkah selanjutnya adalah memberikan judul yang menarik. Judul menarik memang sangat diperlukan untuk menarik power para jurnalis untuk memberitakannya.

Jadi sebisa mungkin memang berikanlah judul yang menarik. Judul menarik pun akan menarik perhatian publik agar tertarik untuk membaca press release yang telah anda buat. Buatlah judul yang singkat tapi mencakup semua pikiran dalam tulisan, dan pastinya mampu membuat orang menjadi penasaran sehingga membaca press release anda.

4. Berikan Kutipan

Selain judul yang menarik, cara membuat press release yang baik selanjutnya adalah dengan tidak lupa memberikan kutipan. Kutipan yang digunakan untuk membantu pemberian atas gambaran seputar bagaimana press release tersebut dapat memengaruhi industri dan konsumen dari perusahaan tersebut.

Dari siapa mendapatkan kutipan? Tentunya dari tokoh yang berpengaruh, seperti dari CEO, pemimpin proyek, orang yang terlibat dalam proyek, brand ambassador, dan mereka yang terdampak langsung dari press release.

Pastikan mengutip perkataan dari pihak penting yang tentunya relevan, agar dapat membentuk narasi dan menekankan poin-poin yang memang penting sesuai dengan press release tersebut.

4. Cantumkan Informasi Penting Sesuai Tujuan Press Release

Press release dikeluarkan memang ada informasi penting yang ingin disampaikan perusahaan kepada media dan publik, sehingga dalam press release tentunya anda perlu mencantumkan Informasi yang penting seusia dengan tujuan press release dan topik press release yang diangkat.

Pastikan semua informasi yang akan disampaikan oleh perusahaan bisa disampaikan dengan jelas kepada publik.

5. Tulis Dengan Singkat

Meskipun harus berisi tentang semua informasi penting, bukan berarti anda harus menulis press release dengan panjang lebih. Ya, cara membuat press release selanjutnya adalah menulis secara singkat. Karena hal tersebutlah maka anda harus bisa memadatkan semua informasi penting menjadi tulisan yang singkat.

Informasi yang disampaikan harus buku untuk menarik perhatian pembaca. Biasanya press release akan ditulis maksimal dua halaman pada kertas ukuran A4. Pastikan anda menulis informasi relevan yang dibutuhkan oleh seorang jurnalis dalam menulis berita.

6. Perhatikan SEO

Cara membuat press release berikutnya adalah tetap memperhatikan SEO meskipun press release adalah sebuah pernyataan resmi dari perusahaan. Strategi SEO memang masih menjadi kiat efektif dalam menulis press release.

Kenapa efektif? Sebab penulisan dengan strategi SEO akan memudahkan pernyataan press release tersebut mudah ditemukan di mesin pencari Google atau mesin pencari lainnya. Jika mudah ditemukan maka informasi akan lebih cepat disampaikan kepada media dan publik.

7. Berikan Call to Action

Anda juga bisa memberikan call to action. Call to action diberikan untuk membantu konsumen atau pembaca agar mengetahui hal yang harus dilakukan setelah membaca press release tersebut. Karena hal inilah hindari pemberian call to action di bagian akhir paragraf, misal di awal paragraf atau pertengahan paragraf.

8. Gunakan Ilustrasi yang Menarik

Pemberian Ilustrasi juga penting dilakukan. Pemberian ilustrasi ini agar menambahkan rasa ingin tahu ke pembaca atas release yang telah dikeluarkan. Ini juga sebagai cara untuk memudahkan gambar pembaca atas hal yang terjadi dalam release tersebut.

Selain itu pemberian gambar pun dapat menaikkan kedalaman informasi yang diberikan dan bukan sekadar untuk nilai estetika saja.

9. Pakai faktor 5W+1H

Jangan lupakan untuk menggunakan faktor 5W + 1H dalam cara membuat press release. Ya, faktor ini sangat berguna untuk menyampaikan informasi secara tepat dan benar, sebab ini merupakan patokan dasar dalam menyusun berita.

Memang tidak ada patokan khusus dalam memasukan faktor 5W + 1H, tapi anda bisa memulainya dengan sebagai berikut ini:

What (apa) adalah informasi apa yang akan disajikan

When (kapan) adalah informasi kapan aktivitas tersebut berlangsung

Who (Siapa) siapa yang mengadakan event atau acara tersebut

Where (dimana) adalah informasi di mana event tersebut berlangsung

Why (mengapa) adalah informasi mengapa event tersebut diadakan

How (bagaimana) adalah informasi bagaimana detail acara

Jika anda ingin memodifikasi unsur faktor 5H + 1H pun tak masalah. Seperti memberikan Informasi nama pembuat acara baru kemudian tanggal bukan suatu permasalahan.

 

Itulah beberapa cara membuat press release yang mudah dan baik untuk perusahaan. Bagaimana apakah sudah bisa membuat press release? Jika belum tak ada salahnya melihat contoh press release perusahaan yang pernah dibuat terlebih dahulu dan Anda juga bisa menggunakan Jasa Press Release untuk memudahkan proses pembuatan press release yang di butuhkan.

Whatsapp