Cara Menggunakan Google Analytics dan Pentingnya di Bisnis

Cara-Menggunakan-Google-Analytic-Untuk-Pemula.jpeg Cara-Menggunakan-Google-Analytic-Untuk-Pemula.jpeg

Sebenarnya cara menggunakan Google Analytics tidaklah sulit untuk dipahami. Tetapi bagi pengguna pemula memang sedikit kebingungan dalam melakukannya. Padahal keberadaannya cukup penting terutama dapat mendukung kegiatan digital marketing agar dapat bekerja lebih optimal.

Sebagai pemilik website bisnis, mempunyai jumlah trafik yang banyak tentu menjadi keinginan tersendiri. Sebab nantinya situs akan berada di halaman utama bahkan mampu membantu meningkatkan angka penjualan dari bisnis Anda tersebut.

Salah satu cara yang bisa dilakukan buat meningkatkan trafik adalah dengan menggunakan layanan Google Analytics. Bukan hanya untuk traffic saja tetapi juga menyediakan berbagai data mengenai performa dari sebuah situs seperti dari mana sumber pengunjung, konten popular hingga data demografi pengunjung.

Apa Itu Google Analytics

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara menggunakan fitur Analytics pada Google maka penting untuk memahami pengertiannya terlebih dahulu. Dimana Google Analytics atau GA adalah layanan yang disediakan oleh pihak Google secara gratis mulai tahun 2006 silam.

Siapa sangka kehadirannya dapat menjadi layanan besar dan dapat diakses secara gratis buat memperoleh laporan dalam bentuk data metrik tersebut. Bisa juga disebut dengan perangkat lunak pengumpul data untuk sebuah situs website.

Nantinya dapat digunakan buat melakukan analisis berbagai metrik seperti lalu lintas website, statistic e-niaga hingga seperti apakah perilaku pengunjung. Dengan adanya data itulah maka dapat  menjadi bagian sangat penting dari sebuah digital marketing tersebut.

Layanan inilah sangat recommended sebab efektif dan mudah diintegrasikan dengan produk Google lainnya.  Untuk memulai GA inilah ternyata sangat mudah seperti menempatkan kode JavaScript ke dalam header situs webs diikuti dengan melihat maupun mengunduh laporan tersebut.

Cara Menggunakan Google Analytic Untuk Pemula

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa untuk menggunakan layanan dari Google sebenarnya tidaklah sulit seperti di bayangan. Hanya saja bagi Anda yang merupakan seorang pemula maka diwajibkan agar mempunyai akun Google terlebih dahulu.

Kalau Anda belum mempunyai akun ini maka dapat mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

·         Silahkan masuk ke dalam halaman google.com/analytics

·         Tab pada opsi sign in atau create an account dimana berada di pojok kiri atas

·         Kalau telah mengisi data, silahkan tab pada Access Google Analytics

·         Pilih drop-down menu untuk menciptakan property

·         Tulis nama website sekaligus URL lengkapnya

·         Tentukan industri yang sesuai dengan website sebagai contohnya adalah blog, shopping dan lain sebagainya

·         Tentukan zona waktu

·         Pilih Ge Tracking ID

·         Instal Tracking ID ke dalam Websitemu.

Cara Menghubungkan Akun GA Dengan Website

Sudah mengetahui bagaimana proses pembuatan dari akun GA satu ini bukan? langkah berikutnya adalah menghubungkan GA dengan situs websitemu. Untuk menghubungkannya sendiri ternyata tidaklah sulit seperti di bayangan, Anda tinggal mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

·         Salin dan paste kode secara langsung ke dalam template website

·         Buatlah file dengan nama analyticstracking.php dengan kode tracking dan tambahkan setelah

·         Apabila sudah, silahkan cek web host, web builder atau blog untuk melakukan pemeriksaan apakah GA telah terintegrasi langsung dengan halaman website ataukah belum

·         Apabila cara tersebut cukup merepotkan, maka kami sarankan gunakan website blogger atau Squarespace sebab nantinya akan terhubung secara otomatis. Sebab hanya akan membutuhkan nomor tracking ID saat membuat account pertama kalinya.

Ini Yang Bisa Dipantau Melalui GA

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa layanan satu ini nantinya akan menunjukkan sejumlah data penting kepada para pengguna. Data itulah akan ditampilkan ke dalam metrik dari sebuah halaman website. Sampai disini, pasti penasaran seperti apakah data-data yang ditampilkan tersebut bukan?

1.       Sumber Trafik

Data pertama yang dapat diketahui oleh pengguna adalah sumber trafik di dalam halaman website atau blog. Hanya dengan sekali mengklik menu acquisitions di dalam sidebar maka dapat melihat dari manakah sumber pengunjung Anda tersebut.

Jangan khawatir karena nantinya layanan tersebut akan memindai beberapa mesin pencari seperti Google, Bing, AOL hingga Yahoo. Tenang saja karena data yang ditampilkan di dalamnya itulah ternyata sangat akurat.

2.       Social Settings

Apakah Anda akan membuat kampanye di dalam akun media sosial? Maka membuat kampanye saja belum lengkap  apabila tidak terdapat laporan di dalamnya. Nah dengan menggunakan layanan GA itulah ternyata dapat melakukan penelusuran lebih terperinci didalamnya.

Nantinya pengguna memang tidak dapat memasukkan tracking ID di sosial media, tetapi Anda dapat menambahkannya di bawah pengaturan social settings tersebut. Sebagai contohnya kalau akan melakukan pemantauan di dalam akun Youtube maka hanya perlu melakukan copy-paste url didalam pengaturannya saja.

3.       Custom Reports

Didalam custom reports itulah, pengguna dapat mengatur tampilan yang ingin dilihat. Bahkan Anda diberikan kebebasan dalam mengatur sesuai dengan kenginan laporan mana diinginkan. Sebagai contohnya apabila mempunyai website berjualan pakaian maka dapat custom buat laporan dimana diinginkan.

Disinilah, Anda dapat menampilkan traffic sesuai dengan ukuran produk, warna hingga modelnya. Dari situlah dapat memberikan kemudahan untuk mengetahui produk manakah yang paling banyak dicari oleh pelanggan.

4.       Add Users

Hal yang bisa dilakukan di dalam Analytics Google adalah bisa menambahkan user alias pengguna. Itu sangat cocok bagi tim dimana ingin bersama-sama dalam memantau perkembangan kampanye atau website dimana tengah dihandle.

Untuk melakukannya sangat mudah yakni dengan mengklik pada halaman Admin dimana berada di sebelah kiri, input email anggota tim hingga klik user management tersebut. Bahkan pengguna juga dapat mengatur peran setiap pengguna apakah dapat mengedit ataukah melihat report saja.

Pentingnya Untuk Bisnis, Cek Disini

Untuk membantu melakukan Analisa terhadap upaya mengoptimalkan pemasaran secara digital, maka seorang pebisnis memang membutuhkan tools khusus untuk melakukan analisis. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan keberadaan layanan GA satu ini.

Dengan menggunakan layanan inilah ternyata akan memberikan sejumlah keuntungan bagi bisnis diantaranya adalah sebagai berikut:

1.       Membantu Mengukur dan Mengoptimalkan Kinerja Website

Manfaat paling utama dari keberadaan fitur Analytics untuk bisnis adalah membantu untuk mengukur dan mengoptimalkan kinerja dari website sesuai dengan tujuan dari bisnis. Setiap titik data perilaku di luar itulah akan membantu mempersempit dan memfokuskan dampaknya nanti.

2.       Menentukan Seperti Apakah Efektivitas Strategi Pemasaran

Selain itu dengan hadirnya data itulah ternyata mampu membantu mengetahui seperti apakah efektivitas dari strategi pemasaran tersebut. Beberapa hal yang dapat membantu mengetahui efektivitas tersebut seperti jumlah visitors, rata-rata waktu kunjungan, minat hingga lokasi geografis.

3.       Meningkatkan Penempatan di SERP

Mendorong lalu lintas dari situs Anda itulah ternyata dapat memanfaatkan beberapa  pendekatan sekaligus seperti kehadiran sosial media, iklan konvesional hingga memaksimalkan hasil optimasi SEO di dalam search engine. Dengan layanan analitik itulah ternyata mampu meningkatkan posisi situs di SERP atau hasil mesin pencarian.

Dalam melakukan digital marketing, sebagai pebisnis Anda memang diwajibkan untuk menggunakan sejumlah tools penting termasuk layanan dari Google ini. Sudah paham bukan bagaimana cara menggunakan Google Analytics tersebut?

Whatsapp